Dampak Buruk Hipnoterapi

Dampak Buruk Hipnoterapi

Sampai dengan saat ini kata  “hipnotis” di Indonesia masih mempunyai stigma buruk. Mendengar  kata  “hipnotis”  seringkali  kita  terasosiasi  dengan  berbagai  hal  yang berada  di  area  “abu-abu”,  mulai  dari  kejahatan,  pemaksaan  kehendak,  sampai dengan kuasa kegelapan, serta penggunaan kekuatan mistik dan magis.

Hipnotis  yang sesungguhnya  adalah fenomena  biasa  yang  sangat  lekat  dengan kehidupan  sehari-hari.  Bahkan  pada  saat  tersebut hipnotisme  di  dunia  barat  telah berkembang  menjadi  suatu  pengetahuan  yang  sejajar  dengan  pengetahuan-pengetauan ilmiah lainnya. Bahkan di beberapa universitas di USA, hipnotisme dapat dipelajari sampai dengan tingkat Doktoral.

Hipnotis berasal dari kata hypnos yang artinya tidur. Namun hipnotis itu sendiri bukanlah tidur. Secara sederhana hipnotis merupakan fenomena yang mirip tidur dimana alam bawah sadar sangat mengambil peranan dan alam sadar berkurang peranannya. Pada kondisi ini seseorang menjadi sangat sugestif (mudah dipengaruhi) karena alam bawah sadar yang seharusnya menjadi filter logic sudah tidak lagi mengambil peranan. 


Hipnoterapi Surabaya - Klinik Hipnoterapi Surabaya

Terapi hipnotis adalah murni ilmiah dan tidak melibatkan unsur magis. Target dari terapi merupakan memperkuat motivasi klien agar mampu memprogram alam bawah sadarnya, sehingga klien mampu menyembuhkan dirinya sendiri dengan kekuatan pikirannya.

Pada prinsipnya untuk mengakses alam bawah sadar seseorang bisa melakukan dengan memakai berbagai teknik, seperti teknik verbal (sugesti), teknik relaksasi progresif, teknik mengunakan energi, teknik visualisasi, dan teknik mistik (supranatural). Semua teknik di atas disebut sebagai teknik hipnotis.